Marquee text

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ
Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. (QS: At-Taubah 128)

13 April 2015

Top 20 Website Islam Rujukan Terbaik dan Terpercaya 2015

Muslimedianews.com ~ Sebagai salah satu wujud dakwah atau syi'ar Islam di dunia online, Muslimedia News (MMN) merekomendasikan beberapa situs atau website Islam terbaik dan terpercaya sebagai rujukan kaum Muslimin, serta berhaluan Ahlussunnah wal Jama'ah.

Saat ini ada banyak sekali website dan blog berlabel Islam yang memenuhi jagat internet di Indonesia. Website tersebut terbagi kedalam beberapa jenis; portal berita, kajian islami, download file, radio dan tv online, dan sebagainya. Diantara situs tersebut ada yang berhaluan Aswaja (Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah), Syi'ah, Wahhabi, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Teroris dan sebagainya.

Dalam rangka meminimalisir kebingungan masyarakat terkait situs Islam yang layak dijadikan rujukan dan bisa dipercaya, maka kami memilihkan dan merekomendasikan beberapa situs Islam berbahasa Indonesia terbaik dengan pertimbangan tertentu.


1. NU Online atau www.nu.or.id 
NU Online merupakan situs resmi organisasi Islam Ahlussunnah wal Jama'ah terbesar yang menyajikan berita dan beragam artikel dalam 3 bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Berbagai rubrik tersedia di NU Online, diantaranya Warga Nasional, warta Daerah, warta Nasional, Fragmen, Seni Budaya, Halaqah, Kolom, Pesantren, Tokoh, Buku dan Humor (ciri khas masyarakat). Sajian artikel yang berkaitan langsung dengan keislaman tertuang dalam rubrik Bahtsul Masail (mengupas permasalahan secara aktual dan sarana konsultasi umat Islam), Hikmah, Syari'ah, Ubudiyah, Taushiyah, Khutbah dan Buletin Jum'at.

2. Moslem For All | www.moslemforall.com
MFA merupakan portal berita dengan beragam kategori yang disajikan, mulai dari berita nasional, internasional, politik, ekonomi, sosial budaya, kriminal, hukum, peristiwa, tokoh, psikologi, olahraga, teknologi, health, seni, keagamaan dan lainnya. Portal berita ini mengusung slogan Syi'ar Rahmatan lil-Alamin.

3. Muslimedia News | www.muslimedianews.com 
MMN merupakan situs atau media Islam online yang bergerak dalam bidang pemberitaan, syi'ar Islam, dakwah dan kajian Islam (Islamic Studies) dengan mengedepankan sikap moderat (tawasuth).

4. Islam Institute | www.islam-institute.com
Situs ini merupakan website yang konsen dalam menyajikan informasi atau berita Islam dalam skala nasional maupun internasional, serta menyajikan artikel-artikel keislaman.

5. Ngaji Yuk | www.Elhodaa.net
Dengan mengusung slogan "Ngajik Yuk", situs Elhodaa berupaya mengajak dan memotivasi umat Islam mengaji (belajar Islam) dengan benar. Ngaji Yuk menyajikan informasi keislaman, rekaman mp3 dan video kajian Islam yang dapat dengan mudah di download oleh umat Islam.

6. Sarkub / Thariqat Sarkubiyah | www.sarkub.com
Situs yang diluncurkan 16 oktober 2011 sangat disegani oleh wahhabi. Mereka tidak segan mendatangi pihak Wahhabi yang berupaya merongrong Ahlussunnah wal Jama'ah. Selain menyajikan tulisan yang bersifat berita, Sarkub Online juga menyajikan konten Islami yang bisa didownload, kajian kitab, dan sebagainya. Jaringan Sarkub juga sangat luas.

7. Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB | www.piss-ktb.com
PISS-KTB kepanjangannya adalah Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - Kenapa Takut Bid'ah?. Adalah situs Islam Ahlussunnah wal Jama'ah yang konsen pada kajian kitab pesantren dan konsultasi umat Islam dengan referensi yang luas, dikelola oleh santri yang memang berkecipung dalam kajian kitab.

8. Cyber Dakwah Online | www.cyberdakwah.com
Cyber Dakwah merupakan situs dakwah Islam yang menyajikan konten berita, kajian keislaman, muslimah, remaja dan lain-lain. Situs ini digawangi oleh tim IT dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo Jawa Timur.

9. Buya Yahya atau Al Bahjah | www.buyayahya.org
Konsen dalam kajian keislaman, radio sebagai salah satu sarana dakwahnya, itulah sekilas gambaran mengenai Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al Bahjah yang berpusat di Cirebon dibawah asuhan Buya Yahya.

10. Majelis Rasulullah | www.majelisrasulullah.org
Situs Majelis Rasulullah SAW yang dibangun sejak masa al-Habib Mundzir bin Fuad al-Musawa ini terus berkembang dan menjadi salah satu situs rujukan umat Islam. Situs ini menyajikan forum tanya jawab atau konsultasi keagamaan.

11. Madinatul Iman | www.madinatuliman.com
Media Islam yang memiliki slogan Eratkan Ukhuwah Santun Berdakwah Sejuk Beribadah ini turut menjadi salah satu situs rujukan umat dengan beragam rubrik yang disajikan mulai dari berita hingga konten keislaman. Berpusat di Kalimantan Timur.

12. Ustadz Muhammad Idrus Ramli | www.idrusramli.com
Siapa yang tidak kenal dengan Ust. Muhammad Idrus Ramli? Beliau adalah pakar Aswaja Indonesia yang banyak berkecipung dalam diskusi atau dialog ilmiah dengan Wahhabi, Syi'ah, Liberal dan lainnya. Tulisan-tulisan Ust. Idrus Ramli juga dapat dinikmati melalui situs pribadinya yang dikelola oleh salah seorang santri Aswaja.

13. Santri NET | www.santri.net
Adalah website center konsultasi seputar Islam terlengkap, menyajikan ribuan artikel dengan referensi dari kitab-kitab ulama ahlussunnah wal jama'ah. Situs ini memiliki rubrik Bedah Kitab, Pesantren Indonesia, Kewanitaan, Kajian Tafsir, Kabar Santri, Ubudiyah, Bahtsul Masail, Motivasi, Gudang Dalil, Do'a dan Ddzikir, dll.

14. Sufi News | www.SufiNews.com
Situs ini termasuk salah satu portal berita sufi Indonesia yang menyajikan beragama hal mengenai dunia Sufi, seperti profile tokoh, thariqah, kajian tasawuf, hikmah sufi dan sebagainya.

15. Moslem Info | www.mosleminfo.com
Dengan slogan "Berita Islam Terpercaya", Moslem Info eksis sebagai salah satu portal berita keislaman yang memiliki beragam rubrik, diantaranya berita nasional, internasional, islamia, dunia Islam, ekonomi, khazanah, fatwa, pendidikan, tokoh dan sebagainya.

16. Arrahmah | www.arrahmah.co.id
Memiliki nama yang mirip dengan situs Arrahmah.com (situs wahhabi radikal) bukan berarti Arrahmah.co.id menyajikan konten yang sama pula. Arrahmah.co.id merupakan situs portal berita Islam Rahmatan lil-alamin yang memiliki slogan Menjaga Ukhuwah Menebar Kedamaian.

17. Santri News : http://www.santrinews.com
Portal berita santri yang memiliki slogan "Melestarikan Tradisi, Membumikan demokrasi" ini menyajikan akhbar dari berbagai wilayah, dunia pesatren, madrasah, khazanah dan budaya keislaman, dirosah, dan konten keislaman.

18. Aswaja NU | www.aswajanu.com
Aswaja NU merupakan situs pencarian bagi umat Islam yang membutuhkan referensi yang terpercaya. Situs yang memiliki slogan "Rujukan Islam Ahlussunnah wal Jama'ah NUsantara" ini juga memiliki Wiki Aswaja http://wiki.aswajanu.com

19. Suara Muslim | www.suara-muslim.com
Suara Muslim merupakan salah satu portal berita Islam yang berhaluan Ahlussunnah wal Jama'ah. Situs ini juga banyak mengcounter kelompok yang berupaya merongrong Indonesia. Selain menyajikan kajian keislaman, situs ini juga menyajikan rubrik opini, berita, harokah, dan sebagainya.

20. Aswaja Research Group | www.aswj-rg.com
Adalah situs Islam Ahlussunnah wal Jama'ah yang konsen menyajikan tulisan seputar Aswaja, melakukan konter terhadap aliran seperti Syi'ah dan Wahhabi, membantah kekeliruan mereka. Situs ini tidak hanya menjadi rujukan umat Islam di Indonesia, tetapi juga luar negeri.

Situs-situs Islam lainnya dapat dilihat pada link dibawah tulisan ini.

No comments:

Post a Comment