Imam ‘Ali Kholi’ Qosam
[Al-Imam Ali Khali' Qasam -
Alwi - Muhammad - Alwi - Ubaidillah - Ahmad Al-Muhajir - Isa Ar-Rumi - Muhammad
An-Naqib - Ali Al-'Uraidhi - Ja'far Ash-Shodiq - Muhammad Al-Baqir - Ali Zainal
Abidin - Husain - Fatimah Az-Zahro - Muhammad SAW]
Beliau adalah Al-Imam Ali bin
Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin
Muhammad bin Ali Al-’Uraidhi bin Ja’far Ash-Shodiq, dan terus bersambung
nasabnya hingga Rasulullah SAW.
Beliau terkenal dengan julukan
Khali’ Qasam (pelepas/pemberi Qasam). Julukan tersebut diberikan kepada beliau
dikarenakan beliau membeli suatu tanah dengan harga 20.000 Dinar. Tanah itu
kemudian beliau namakan dengan Qasam, sesuai dengan nama tanah keluarganya di
kota Bashrah. Di tanah itu beliau menanam pohon kurma. Disana beliau juga
membangun suatu rumah yang ditempati pada saat panen kurma. Kemudian beberapa
orang membangun rumah-rumah disamping rumah beliau. Sampai akhirnya tempat itu
menjadi suatu desa dan dinamakan dengan desa Qasam.
Beliau dilahirkan di Bait
Jubair (di Hadramaut), suatu daerah yang penuh berkah dan kebaikan. Beliau
dibesarkan di daerah itu. Beliau mengambil ilmu dari ayahnya. Beliau sering
mondar-mandir bepergian ke kota Tarim. Akhirnya beliau, diikuti oleh
saudara-saudara dan anak pamannya, memutuskan untuk tinggal di kota Tarim.
Beliau adalah seorang imam
agung, guru besar, dan terkenal dengan keluasan ilmunya. Terkumpul di dalam
diri beliau keutamaan dan kebaikan, anwar dan asrar. Beliau dikaruniai oleh
Allah dengan maqam yang sangat tinggi, sehingga tampak dalam diri beliau
karomah-karomah yang luar biasa. Beliau adalah seorang alim yang tiada duanya
di jamannya dan tempat rujukan bagi manusia di saat itu. Jarang sekali pada
suatu jaman terdapat orang yang mempunyai maqam setinggi beliau.
Para ulama besar dan ahli
sejarah banyak menyebutkan manaqib dan ketinggian maqam beliau di buku-buku
mereka. Termasuk di antaranya adalah Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi
Alhaddad menyebutnya dalam suatu syairnya,
Rasulullah membalas salamnya,
“(Salam bagimu) Ya Syeikh”
sebagai jawaban atas salamnya (kepada Rasulullah),
maka dibuat kagumlah para orang-orang mulia.
sebagai jawaban atas salamnya (kepada Rasulullah),
maka dibuat kagumlah para orang-orang mulia.
Syair tersebut menggambarkan
suatu karomah besar yang ada pada diri beliau, Al-Imam Ali Khali’ Qasam. Hal
ini terjadi setelah beliau tinggal di kota Tarim. Beliau jika menjalankan
shalat dan sampai pada waktu tahiyat dan membaca salam kepada Nabi SAW,
“As-salaamu ‘alaika ayyuhan Nabiyu wa rohmatullohi wa barakaatuh,” beliau
mengulang-ulangi bacaan tersebut, sampai beliau mendengar langsung jawaban dari
Rasulullah SAW, “As-salaamu ‘alaika ya Syeikh (salam sejahtera bagimu wahai
Syeikh).” Demikianlah yang terjadi sebagaimana diceritakan oleh beberapa ulama
seperti Al-Jundi, Asy-Syaraji, Ibnu Hisan, dan lain-lain. Al-Allamah Asy-Syeikh
Al-Khatib juga menyebutkannya di dalam kitabnya Al-Jauhar Asy-Syafaaf.
Kekhususan ini, yakni dapat
mendengar jawaban salam dari Rasulullah SAW, merupakan suatu maqam yang tinggi.
Tidak bisa mendapatkan maqam setinggi itu, kecuali hanya segelintir auliya.
Maqam itu tidak bisa didapatkan kecuali oleh orang yang sangat-sangat dekat
dengan Allah. Asy-Syeikh Abdul Wahab Asy-Sya’rawi berkata dalam hal ini, “Tidak
akan sampai seseorang kepada maqam berinteraksi langsung dengan Rasulullah SAW
dan mendengar jawaban salam dari beliau SAW, kecuali ia telah melampaui 247.999
maqam para Auliya.”
Asy-Syeikh Abu Al-Abbas
Al-Mursi bertanya kepada teman-temannya, “Adakah diantara kalian yang ketika
menyampaikan salam kepada Rasul SAW di dalam shalat, terus dapat mendengar
jawaban salam dari beliau SAW?.” Mereka berkata, “Tidak ada.” Selanjutnya
beliau berkata, “Menangislah kalian, karena kalbu-kalbu kalian tertutup dari
Allah dan Rasul-Nya.”
Beliau, Al-Imam Ali Khali’
Qasam, tidak hanya mendapat jawaban salam dari Rasul SAW di dalam shalatnya
saja, tetapi di dalam semua kesempatan yang beliau memberikan salam kepada
Rasul SAW. Beliau, meskipun mempunyai maqam yang demikian tinggi, adalah
seorang yang sangat tawadhu. Beliau mempunyai akhlak yang mulia. Disamping itu,
beliau adalah seorang yang pemurah.
Beliau meninggal berkisar pada
tahun 523-529 H. Di dalam riwayat lain dikatakan beliau meninggal pada tahun
529 H. Jasad beliau disemayamkan di pekuburan Zanbal, Tarim.
Radhiyallohu anhu wa ardhah…
[Disarikan dari Syarh Al-Ainiyyah,
Nadzm Sayyidina Al-Habib Al-Qutub Abdullah bin Alwi Alhaddad Ba'alawy, karya
Al-Allamah Al-Habib Ahmad bin Zain Alhabsyi Ba'alawy]
No comments:
Post a Comment